Selamat datang di Blog orang udiks,,keep fighting!

...karena hidup adalah belajar....

Rabu, 19 Oktober 2011

Bungong Jeumpa, bunga "khas" Aceh

Bungong Jeumpa (Camellia sp) Meugah di Atjeh..

  Jujur sih pertama kali liat Bungong Jeumpa tuh sekitar 3 tahun lalu di pegunungan Aceh Selatan..hehehe, telat banget sih sebenarnya, tapi mendinglah daripada belom pernah liat sama sekali. Padahal sebagai warga Atjeh tercinta, bunga yang satu ini selain wajib dihafal "liriknya" wajib dikenal morfologinya (ciee). Buat yang penasaran   sampe sekarang belom pernah liat wujud aslinya (^^), yuuk kita kupas tuntas..
Bungong Jeumpa/Cempaka dalam bahasa Indonesia (Camellia sp) adalah jemis tanaman berbunga dari suku Magnoliaceae dengan pohon berukuran sedang dengan tinggi mencapai 25 meter dan diameter 50 cm.  Batang lurus, bulat, kulit batangnya halus berwarna coklat keabu-abuan. Tajuknya agak jarang dan agak melebar dengan percabangan yang tidak teratur. Daunnya tunggal, berseling, berbentuk lanset yang agak melebar, berukuran sedang dan berbulu halus pada permukaan bawahnya. Bunga berwarna kuning tua, harum, berukuran agak besar tersusun dalam untaian yang tumbuh pada ketiak daun. Bunga ini termasuk tanaman yang tumbuh didaerah Tropis dan SubTropis di Asia Selatan dan Asia Tenggara serta Tiongkok Selatan. 

   Bunga Jeumpa masih termasuk tumbuhan purba dan asal-usulnya dapat ditelusuri hingga 95 juta tahun yang lalu. Bunga Jeumpa ini diduga kuat berasal dari India dan bagian yang biasa dimanfaatkan adalah bagian batang, daun dan bunganya.Bunga Jeumpa bahkan sejak zaman sebelum kemerdekaan telah dijadikan judul lagu dan juga judul Novel. Hal ini menunjukkan hubungan yang sangat erat antara rakyat Aceh dengan bunga tersebut. Oleh karena itu Pemerintah Daerah istimewa Aceh (pada saat itu) menjadikan Bunga Jeumpa sebagai flora khas Aceh.
 Selain terkenal karena kecantikan bunganya, Bungong Jeumpa ternyata juga bermanfaat dari sisi kesehatan dan bahan bangunan. Manfaatnya antara lain:

  • Sebagai bahan bangunan kayu Bunga Jeumpa dimanfaatkan untuk kayu bangunan, papan mebel dan panel. Sedangkan daunnya dapat menghasilkan minyak yang dapat diekspor.
  • Sisi Kesehatan, Bunga Cempaka Kuning bermanfaat untuk wanita yang baru melahirkan dan mengobati demam selesma. Cara pakainya: untuk wanita sehabis melahirkan adalah dengan cara mengambil beberapa helai daunnya dan bersihkan terlebih dahulu kemudian rebuslah sampai mendidih lalu setelah airnya suam-suam kuku barulah diminum
  • untuk mengobati demam selesma, ambil akarnya dipecah-pecahkan, rebus sampai mendidih dan setelah airnya suam-suam kuku barulah diminum perlahan.
                                      
gambar 1. Bungong Jeumpa kuneng
gambar 2. Bungong Jeumpa puteh
gbr 3. Bungong jeumpa (versi lain)

Nah, itulah sekilas info tentang Bungong Jeumpa, moga bisa memuaskan sedikit "rasa penasaran" bagi yang belum tau. Semoga bermanfaat^^



Tidak ada komentar:

Posting Komentar